Ngeblog

Kalau tidak ikut mata kuliah Dasar-Dasar Penulisan, mungkin saya tidak akan pernah membuat blog. Saya pertama kali ngeblog memang lebih karena “paksaan”: salah satu variabel nilai di mata kuliah semester pertama tersebut adalah blog yang bagus baik secara tampilan maupun isi. Karena waktu itu belum punya laptop sendiri dan ngirit uang dengan tidak menghabiskan waktu di warnet, saya menulis di kertas terlebih dahulu. Kalau sudah selesai baru ke warnet dan diunggah ke blog. Biasanya saya nulis tentang curhatan keluh-kesah sehari-hari dan tentang sepakbola.

Setelah punya laptop, saya mulai lebih sering nulis buat dikirim ke koran. Ngeblog hanya buat mengunggah tulisan-tulisan yang dimuat. Kalau enggak dimuat, ya enggak diunggah. Maklum, ada di lingkungan di mana menulis di koran adalah prestasi. Ini adalah fase mulai kecanduan menulis.

Saya beberapa kali terlibat perdebatan dan berkenalan dengan penulis di koran. Kadang malah berdebat lewat tulisan di koran dengan teman sendiri. Mbuh memang. Setelah fase itu, kadang saya merasa jenuh untuk nulis di koran. Memang sih dapat gengsi dan uang, kenal dengan redaktur dan bagian keuangan beberapa media. Tapi saya merasa tulisan saya tidak berkembang karena jarang mendapat komentar atas isi tulisan.

Jadi tahun-tahun belakangan saya menyeriusi ngeblog. Rasanya lebih lapang karena tidak harus menyesuaikan dengan standar redaktur koran dan langsung bisa disebar untuk dibaca orang-orang. Dan saya merasa tulisan saya di blog lebih banyak dibaca ketimbang tulisan-tulisan saya di koran. Malah kadang dikutip orang atau media lain (termasuk pernah dikutip dan diplintir 3 media online yang rencananya akan diblokir kominfo, hehehe).

Selain menulis iseng terutama tentang sepakbola, buku-buku yang saya baca dan kajian media, saya juga sering ikut lomba blog. Beberapa kali menang, lebih sering kalah. Di blog saya juga mulai merapikan tulisan-tulisan yang pernah dipublikasikan. Saya bukan pengarsip tulisan yang baik. Banyak tulisan saya di koran yang tidak terdokumentasikan, tercecer entah di mana.

Di blog baru ini, saya berharap bisa merapikan artikel-artikel yang pernah dan akan saya tulis. Semoga tampilannya nyaman dan ramah dibaca.

*karena saya gaptek akut, blog ini tampilannya sederhana saja. Ini saja sudah merepotkan Aditya Rizki Yudiantika , juga Agus Mulyadi, dan butuh masukan dari Aunurrahman Wibisono dan Ardi Wilda Irawan, hehehe..*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>